Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Magento untuk Pemula

 Cara Menggunakan Magento untuk Pemula



Magento ialah tool yang dapat Anda pakai untuk membikin online shop. Tool ini sediakan feature, perform, dan keringanan penyesuaian yang mengagumkan. Dalam panduan Magento ini, kami akan menerangkan apakah itu Magento dan langkah install, mempersiapkan, dan memakai Magento untuk membikin situs e-commerce.


Apa Itu Magento?


Magento ialah mekanisme pengendalian content open-source yang sediakan feature hebat untuk membikin online shop. Dimulai dari sistem pembayaran yang bermacam, panel pengendalian produk, sampai mekanisme cart berbelanja, semua berada di Magento.


Anda dapat membuat online shop seperti keinginan dengan Magento, bagus untuk usaha kecil atau perusahaan besar. Mekanisme ini sediakan pilihan kontrol komplet yang memungkinkannya Anda membuat desain web yang ramah customer dan dioptimalkan untuk Search Engine Optimization atau SEO.


Arsitektur modularnya yang fleksibel mempermudah Anda sesuaikan keperluan online shop Anda. Ada lebih dari 5000 perpanjangan yang ada di Magento Marketplace, dimulai dari pembayaran, keamanan, sampai marketing. Anda bisa juga mendapati topik, walau koleksi yang ada cuman sedikit.


Beragam merk besar seperti Nike, HP inc., dan Canon memakai Magento untuk membikin web. Karena raksasa-raksasa ini, Magento tangani sampai $155 miliar transaksi bisnis pada tahun 2018.


Keunggulan Magento


Magento mempunyai dasbor intuitif yang mengikutkan semua feature penting untuk pengendalian toko. Dengannya, Anda tidak kesusahan menelusuri komponen seperti daftar, content, sampai pilihan customer. Sesudah masuk ke dasbor, Anda akan menyaksikan laporan pemasaran. Laporan ini mengikutkan jumlah keseluruhan pesanan, konsumen setia, istilah penelusuran, dan produk terkenal.


Anda bahkan juga dapat mempersiapkan beberapa toko sekalian dengan 1 kali instalasi, dan mengurus semua dari 1 tempat admin. Ditambah lagi, Anda bisa juga atur produk ke beberapa kelompok tanpa pakai repot. Gampang, kan?


Plus, Magento SEO friendly. Anda dapat menambah kata kunci sasaran, mengubah kunci URL produk, dan meta judul dan description secara mudah. Tag meta link canonical mekanisme ini bisa juga ditata untuk menahan konten duplikat.


Disamping itu, ada support untuk beberapa bahasa supaya Anda dapat meluaskan lingkup sasaran customer. Beberapa salah satunya ialah bahasa Rusia, Jerman, dan Arab. Untuk menambah bahasa lain ke situs Anda, cukup mencari di marketplace dan install paket bahasa yang Anda harapkan.


Dalam soal keamanan, Magento melaunching patch keamanan dengan teratur untuk menahan gempuran brute force atau DDoS. Bila ingin tingkatkan keamanannya lebih jauh kembali, install perpanjangan keamanan seperti Astra.


Karena Magento ialah basis open-source, ada komune developer yang masih tingkatkan dan mengupdate software ini. Dengan begitu, Anda juga dapat memperoleh support yang dibutuhkan untuk memulai usaha online Anda. Bila ingin menginstal sendiri dengan manual, Anda dapat ikuti cara berikut ini:


1. Unduh Magento


Pertama, datangi halaman unduhan Magento. Bila baru pernah memakai basis ini, silahkan buat account lebih dulu. Selanjutnya, Anda dapat mengambil versus terbaru pada bagian Full Release with Sample Data (data contoh).


Data contoh ialah template yang bakal menolong Anda melatih diri dengan memakai Magento. Dalam template ini, ada storefront, produk, dan kelompok topik Luma. Sesudah usai memakai modul data contoh, Anda dapat hapus atau mengupdatenya Anda dapat pilih pola file yang Anda harapkan untuk memasang basis ini. Pilihan yang ada ialah.zip,.tar.gz, atau.tar.bz2. Kemudian, click Unduh.


2. Install Magento


Sebelum memasang Magento, Anda harus telah mempunyai alamat domain. Ada dua langkah untuk memasang basis ini dengan manual, yakni dengan mengupload file ke server lewat client FTP seperti FileZilla, atau lewat file manajer di hPanel.

Kami akan menjelaskan cara yang kedua, yaitu melalui file manager di hPanel:


1.Pertama, buat database. Buka dashboard hPanel Anda, scroll ke bawah untuk menemukan bagian Database, lalu klik MySQL Databases.

2.Isikan informasi yang diperlukan: nama database, username, dan password. Kemudian, tekan tombol Create.

3.Kembali ke dashboard, lalu buka File Manager di bagian Files.

4.Masuk ke direktori public_html, lalu klik Upload Files di bagian sudut kanan atas.

5.Pilih file arsip Magento yang sudah Anda unduh tadi, lalu pilih Upload.

6.Klik kanan file setelah berhasil diunggah, kemudian pilih Extract.

7.Tambahkan dot (.) sebagai lokasi, lalu klik tombol Extract.

8.Akses nama domain Anda agar mengarah ke halaman instalasi. Pilih Agree and Setup Magento.

9.Lanjutkan dengan mengeklik Start Readiness Check. Penuhi semua persyaratan, kemudian klik Next.

10.Masukkan informasi database yang sudah dibuat tadi, yaitu host database, nama, username, dan password.  Klik Next untuk melanjutkan.

11.Untuk konfigurasi web, isikan alamat toko yang Anda pilih (nama domain) dan alamat admin. Buat alamat admin yang sulit ditebak untuk mencegah masalah keamanan.

12.Atur zona waktu, mata uang, dan bahasa default toko Anda.

13.Buat akun admin dengan mengisi kolom yang wajib diisi: username, password, dan email.

14.Klik Install Now, dan Anda sudah selesai!


Magento adalah salah satu alternatif terbaik jika Anda sedang mencari platform e-commerce dengan kemampuan kustomisasi yang canggih. Anda bisa menambahkan fungsionalitas dengan mudah dan menyesuaikan kebutuhan toko online Anda dengan menambahkan ekstensi.di kutip dari hostinger :cara menggunakan magento


Post a Comment for "Cara Menggunakan Magento untuk Pemula"